Simak Ulasan Singkat Jenis-jenis Esai Ini!

Karya tulis yang Esai memang begitu popular di berbagai kalangan. Sebab ia mengulas sebuah masalah dengan lebih mendetail, tajam disertai solusi. Namun, perlu dipahami juga bahwa tulisan satu ini terdapat beberapa macam. Berikut jenis-jenis esai yang harus Anda ketahui:

Esai Deskriptif

Esai deskriptif merupakan sebuah karya tulis yang bertajuk pada subjek atau objek seperti tempat atau benda. Ia memiliki tujuan untuk memberikan kesan tersendiri terhadap sesuatu dengan rincian nyata melalui deskripsi. Sehingga dapat dirasakan oleh indera dan visualisasi dengan urutan tertentu.
 

Esai Ekspositori

Esai jenis satu ini lebih mengarah ke penjelasan secara subjektif terhadap pembaca dengan perbandingan dua hal. Selain itu, ia juga menganalisis adanya hubungan sebab-akibat suatu masalah lalu menjelaskan dan mengklasifikasikannya dengan urutan kronolgis.

Esai Persuasif

Contoh esai persuasive ini seperti halnya sebuah karangan yang mengajak pembaca untuk menghayati, hingga terbawa suasana dan ikut serta bertindak atas sebuah masalah. Jadi, intinya adalah mengaduk emosi seseorang supaya terlibat dalam sebuah solusi yang diciptakan penulis.

Esai Naratif

Seperti jenis-jenis esai lainnya, namun karya jenis naratif lebih cenderung untuk menjelaskan suatu peristiwa dengan penggambaran ide sesuai urutan kronologis. Juga mendeskripsikan suatu masalah dengan menuturkan gagasan atau opini penulis secara urut berdasar waktu menjadi ciri khasnya.

Esai Cukilan Watak

Seperti namanya, esai jenis ini memang menggambarkan suatu karakter dari pribadi tertentu. Sehingga, melalui tulisan tersebut penulis berharap mampu membuat pembaca mengerti tentang seseorang yang sedang dibahas, namun berbeda dengan biografi.

Esai Kritik

Esai kritik sebagaimana namanya yang memfokuskan untuk mengkritik atau membahas sebuah karya sastra untuk dinilai baik buruknya secara objektif dengan tetap mempertimbangkan kaidah-kaidah di dalamnya.

Esai Tajuk

Esai tajuk atau yang lebih dikenal dengan tajuk rencana, ia mudah ditemui di media-media cetak. Jadi, tulisan ini merupakan sebuah penggambaran opini media terkait tentang suatu masalah atau isu terkini dan bertujuan mempengaruhi pembaca untuk setuju.

Nah, di atas merupakan beberapa hal terkait jenis-jenis esai. Sehingga ketika Anda ingin menuliskan sebuah karya ini dengan mengangkat masalah satu isu, bisa memperhatikan jenisnya supaya pembahasan lebih fokus ke arah mana topik yang akan dikritisi.