Serba-Serbi Perawatan Rumput Makam Di TPU

rumput makam

Orang yang telah meninggal akan memiliki rumah baru yaitu dipemakaman.

Walaupun tidak semua agama dan aliran mewajibkan pemakaman jenazah, namun mayoritas memang menggunakan cara ini ketika ada kerabat dan keluarga yang sudah bernyawa misalnya aja umat Islam.

Dalam hal pemakaman, di Indonesia terdapat banyak sekali hal yang sering membuat repot terutama dalam hal pencarian lahan makam.  Di kota besar, lahan makam sudah tergolong langka sehingga harus menggunakan sistem makam bersama dalam satu lubang.

Namun selain itu, terdapat pula satu hal lainnya yang sering membuat orang menggelengkan kepala yaitu soal perawatan rumput makam.

rumput makam

Di berbagai tempat pemakaman umum (TPU) di perkotaan besar, perawatan rumput menjadi ladang bisnis yang menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Biasanya, jasa merawat rumput ini dilakukan oleh oknum TPU yang tidak jauh dari warga sekitar yang ingin mendapatkan penghasilan.

Padahal, menurut aturan yang berlaku untuk TPU yang dikelola pemerintah tentu saja sudah disertakan jasa perawatan makam termasuk juga perawatan rumputnya sehingga keluarga jenazah tidak perlu membayarkan sejumlah uang tambahan.

Tetapi praktiknya, terdapat pula uang yang ditarik oleh oknum petugas pemakaman untuk perawatan rumput dan area pemakaman.

Ada Jasa Sewa Perawatan Rumput Di Setiap TPU

Jasa perawatan rumput makam sering menawarkan sebuah bantuan menjaga makam dan merawat kebersihan makam dengan biaya yang tidak sedikit.

Walaupun hanya sekitar puluhan ribu rupiah setiap bulannya, namun jika dikalikan dengan jumlah makam disuatu TPU tentu saja hal ini akan menjadi penghasilan yang sangat banyak.

Jasa perawatan rumput bahkan sering diikuti dengan ancaman. Jika Tidak Ingin Mengalami hal seperti ini, anda bisa mempertimbangkan membeli makam di San Diego Hills. Disana bebas biaya perawatan rumput selamanya, info lengkap bisa baca di website resminya disini San diego hills

Terutama untuk di kota Jakarta, sering kali jasa perawatan makam diikuti dengan ancaman bahwa makam bisa saja dibongkar atau diberikan kepada orang lain.

Jasa ini biasanya dikerjakan oleh preman atau penguasa setempat sehingga memang sering membuat keluarga jenazah tidak bisa berbuat banyak.

Namun memang, tidak semua jasa perawatan makam benar-benar mengecewakan. Setelah memberikan sejumlah uang untuk membantu merawat makam, maka nantinya pihak keluarga akan mendapati makam keluarganya menjadi bersih, terawat dan rapi.

Keuntungan ini akan sangat terliat jelas ketika memang pihak keluarga datang untuk mengunjungi makam, mengenang orang yang telah meninggal dan mengingat kematian. Kegiatan ini disebut sebagai ziarah yang memang biasa dilakukan di Indonesia terutama menjelang lebaran.

Ketika masa tersebut tiba, jika menggunakan jasa perawatan rumput dan makam akan mendapati keadaan makan yang sangat terawat sehingga membuat ziarah kubur menjadi lebih terfasilitasi. Tidak ada pula rumput liar yang menutupi makam sehingga bisa benar-benar membuat makam tetap utuh atau tidak rusak.

Hasil Menggunakan Jasa Perawatan Rumput Makam

Untuk pihak keluarga yang menggunakan jasa rumput makam, biasanya juga akan mendapati makam jenazah keluarganya menjadi rapi dan jauh dari kesan angker atau seram.

Kegiatan rumputisasi disebuah pemakaman akan membuat makan menjadi tempat yang lebih hijau dan tidak angker sehingga sangat nyaman dikunjungi. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika keluarga hendak berziarah terutama jika mengajak anak-anak untuk mengenal kematian dan pemakaman.

Kesan angker tidak akan menghantui anak sehingga benar-benar bisa mengajak mereka untuk datang kepemakaman. Namun memang, pelaksanaan rumputisasi haruslah juga dilakuakan secara benar dan transparan agar tidak merugi.

Jika pihak keluarga tidak ingin mengeluarkan banyak biaya yang merugikan, maka sebaiknya tanyakan pada pihak dinas setempat yang mengatur tentang rumputisasi dan biaya perawatan rumput makam.

Namun jika pemakaman yang dipilih bukan milik negara atau TPU swasta, maka biasanya memang telah ada biaya yang pasti untuk urusan merawat makam hingga rumputisasi makam.