Pekerjaan Sampingan yang bisa dilakukan secara Online

design

Apakah kamu sedang mencari pekerjaan sampingan ? Pasti akan sangat melelahkan ketika pulang dari bekerja, masih harus pergi untuk menunaikan kewajiban di tempat lainnya. Kalau dulu pekerjaan sampingan mengharuskan hadir di tempat kerja, maka sekarang kerja sampingan dapat kamu lakukan secara online tanpa ribet, dan menyita banyak waktu. Kamu hanya membutuhkan jaringan internet untuk memulai pekerjaan sampinganmu.
design

Selain penghasilan tetap yang kamu dapatkan dari pekerjaan tetapmu, kamu juga akan mendapatkan pundi-pundi uang dari pekerjaan sampinganmu dari internet, dengan mudah dan tentunya menghemat waktu dan tenaga. Nah, berikut beberapa contoh pekerjaan sampingan di internet yang mungkin bisa jadi referensimu.

Penulis Artikel

Apakah kamu suka menulis ? Salah satu pekerjaan sampingan dari internet yang bisa kamu coba adalah menjadi penulis artikel lepas. Saat ini banyak media online maupun blog yang membutuhkan jasa para penulis untuk menunjang performa website mereka.

Penghasilan yang akan kamu dapatkan dari menulis online cukup lumayan, karena biasanya mereka akan membayar per artikel sesuai jumlah yang kamu hasilkan. Harga per artikel biasanya berkisar antara Rp. 30.000,- hingga 150.000,- tergantung kualitas tulisan yang kamu hasilkan. Semakin bagus artikelmu maka semakin mahal harganya.

Apabila kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, kamu juga dapat menulis artikel luar negeri, karena harganya yang pastinya lebih menggiurkan dari artikel dalam negeri. Kamu dapat mencari proyek-proyek menulis melalui situs Freelancer, Projects, Sribulancer, Upwork, Guru, dan lainnya.

Baca juga : apa itu freelance

Jasa Desain Grafis

Bila kamu memiliki keahlian dalam mendesain, maka membuka jasa desain grafis adalah salah satu pekerjaan sampingan yang patut kamu perhitungkan. Bukankah sangat menyenangkan memiliki hobi dapat yang menghasilkan banyak rupiah. Desain yang dapat kamu hasilkan juga beragam, seperti desain produk, desain logo, desain kaos, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan sampingan inipun tidak akan mengganggu pekerjaan utamamu, karena dapat kamu lakukan dimanapun dan kapanpun. Kamu dapat menawarkan jasa desainmu kepada teman-teman terdekat atau melalui media sosial. Namun jika kamu ingin memperluas jangkauan promosimu, kamu juga dapat memajang hasil karyamu di situs-situs kreatif seperti Kreavi, Dribble, Behance, dan situs lain sejenis. Jasa desain grafismu akan dihargai berkisar Rp. 300.000,- bahkan hingga puluhan juta jika kamu sudah dikenal sebagai desainer yang handal.

Jasa Penerjemah Bahasa

Jika kamu memiliki keahlian berbahasa asing yang baik, maka menjadi penyedia jasa translate atau penerjemah adalah pekerjaan sampingan yang dapat kamu coba. Bahkan pekerjaan inipun cukup kamu lakukan di rumah saja, dengan Hp sebagai alat berkomunikasi dengan klien yang membutuhkan jasamu. Banyaknya perusahaan asing yang berinvestasi di negara ini, menjadi peluang yang besar bagi para penerjemah, tentunya dengan bayaran yang cukup menggiurkan.

Jasa Edit Video dan Foto

Bagi kamu yang memiliki keahlian mengedit foto dan video, kamu dapat membuka jasa ini. hanya dengan bermodalkan laptop dan software, kamu dapat memulai pekerjaan sampingan ini. kamu dapat mempromosikan jasamu melalui media sosial, maupun kepada rekan-rekanmu.

Jasa Membuat Foto

Kalau kamu memiliki hobi fotografi, kamu dapat memanfaatkan hobimu ini untuk menghasilkan banyak rupiah. Kamu dapat menjual hasil-hasil fotomu melalui platform jual beli foto, seperti Shutterstock.com, Istockphoto.com, Fotolia.com, Stockfresh.com, Dreamstime.com, dan situs populer lainnya. Caranya pun mudah, kamu hanya cukup membuka internet, kemudian mempublikasikan foto-fotomu di platform tersebut. Foto-foto yang kamu hasilkan akan dihargai mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Dan yang lebih memudahkan lagi, semua transaksi pembayaran dapat dilakukan secara online.

Dan masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan sampingan di Internet yang dapat kamu tekuni untuk menunjang pekerjaan utamamu, seperti menjadi Blogger, Youtuber, menjadi admin olshop, menjadi admin media sosial, menjadi tutor online, Influencer, bisnis Afiliasi bebas bayar, membuka jasa palform jual beli barang bekas, dan masih banyak lagi.

Simak tulisan menarik lainnya di pediansa yaa..