Makanan Sehat Penurun Asam Urat, Tanpa Perlu Konsumsi Obat-Obatan

makanan untuk menurunkan asam urat

Memiliki asam urat yang tinggi tentunya tidak membuat aktivitas sehari hari terasa nyaman. Apalagi saat kondisi asam urat kambuh, bisa dibayangkan betapa sakitnya rasa nyeri yang dialami. Dan yang lebih membahayakan lagi, asam urat yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya bagi kesehatan. karena itulah, bagi penderita asam urat sangat direkomendasikan untuk mulai memilah makanan mana yang baik dikonsumsi dan makanan mana yang harus dihindari agar tidak memperparah kondisi asam urat.  Sebenarnya ada banyak cara untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, tak perlu dengan mengkonsumsi banyak obat-obatan. Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan sehat penurun asam urat di bawah ini yang sangat direkomendasikan. Makanan-makanan sehat ini tak hanya dapat membantu menurunkan asam urat, namun juga mengatasi nyeri yang diakibatkan penyakit ini 

Makanan Sehat Penurun Asam Urat

makanan untuk menurunkan asam urat

1.Ikan Salmon

Sangat disarankan bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang rendah, seperti ikan salmon misalnya. Ikan salmon adalah jenis ikan dengan kadar gizi dan nutrisi yang cukup tinggi dan sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat. Namun tetap harus dijaga agar tidak berlebihan dikonsumsi. Di dalam ikan salmon juga mengandung lemak tak jenuh serta omega-3 tinggi yang baik juga bagi penderita penyakit kolesterol dan komplikasi penyakit lainnya yang diakibatkan kolesterol seperti stroke dan penyakit jantung. 

2. Buah Alpukat

Dari golongan buah-buahan, buah alpukat sangat direkomendasikan dan baik bagi penderita asam urat. Kadar gula di dalam buah alpukat sangat rendah sehingga baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan diet. Bukan hanya itu, kandungan buah alpukat juga dapat meningkatkan sifat basa dalam tubuh, sehingga secara otomatis dapat mengurangi asam urat dalam tubuh. Ditambah lagi kandungan lemak tak jenuhnya, akan baik bagi penderita kolesterol karena dapat menggantikan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Jadi bagi penderita asam urat, sebaiknya konsumsi 1 buah alpukat setiap harinya untuk mendapatkan gizi dan nutrisi sehat yang terkandung di dalamnya. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai jus atau salad dan mengkonsumsinya saat masih segar. 

Baca Juga : 12 Jenis Bibit Alpukat Unggul

3. Buah Pisang

Buah pisang tak hanya dapat mengenyangkan saja, namun buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki kandungan nutrisi baik bagi kesehatan. buah pisang mengandung kalium dan kadar alkali yang tinggi serta gula rendah yang dapat menurunkan kadar asam urat. Zat kalium yang ada di buah pisang adalah yang tertinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya. kandungan inilah yang dapat menyerap kadar asam urat dan kemudian membuangnya melalui urin.

4. Lemon

Buah  yang memiliki rasa segar dan asam ini juga terbukti sebagai makanan sehat penurunan asam urat. Buah yang satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh berkat vitamin C nya yang tinggi. vitamin C inilah yang melarutkan asam urat di dalam darah dan mengeluarkannya melalui urin. Jadi tak heran jika lemon akan sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes dibandingkan buah lain karena kadar vitamin C nya yang lebih tinggi. Namun jika anda bisa mengkonsumsi lemon, anda bisa mencoba buah yang memiliki kandungan vitamin C lainnya seperti jeruk, kiwi, dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga : Jual Bibit Lemon Import

5. Beras Merah

Beras merah memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, namun kadar gula dan kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk menurunkan asam urat. Beras merah juga sangat cocok bagi anda yang menjalani diet. Bukan hanya sehat, namun beras merah juga dapat memberikan energi tinggi. 

6. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau atau green tea setiap harinya dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah secara bertahap. Kandungan anti inflamasi di dalamnya dapat mengatasi hiperurisemia, yaitu kondisi saat kadar asam urat sangat tinggi. kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau juga membantu mengeluarkan racun serta zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh. Jadi dibandingkan dengan secangkir teh manis setiap harinya, akan lebih baik jika mengkonsumsi green tea di pagi hari. 

Saat menjalani pengobatan asam urat, sangat penting bagi anda untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Seperti mengkonsumsi makanan sehat penurun asam urat diatas yang dapat mengurangi atau menghilangkan asam urat. Dan ketika menerapkan pola makan sehat sehari hariya, bukan hanya kadar asam urat saja yang turun namun juga resiko penyakit kronis lainnya dapat dihindari. 

 

Sumber:

Catat! Inilah 9 makanan penurun asam urat terbaik yang bisa Parents konsumsi

https://www.bibitbuahku.com

https://today.line.me/id/pc/article/7+Makanan+Penurun+Asam+Urat+yang+Ampuh+Menyembuhkan-jrxENg

https://www.alodokter.com/ini-daftar-sayuran-untuk-penderita-asam-urat-yang-boleh-anda-konsumsi

https://www.popmama.com/life/health/sarrah-ulfah/makanan-penurun-asam-urat-yang-ampuh-menyembuhkan/full