Ingin Memulai Bisnis Budidaya? Inilah 5 Pilihan Budidaya Yang Dapat Menghasilkan

Bisnis merupakan salah satu peluang menuju kesuksesan seseorang, namun banyak juga orang yang gagal dalam menjalankan bisnisnya karena berbagai alasannya. Memang bisnis merupakan peluang, namun jika kalian dengan bersungguh-sungguh dan menguasai bisnis yang akan kalian jalankan, kalian akan mencapai tujuan sesuai dengan harapan.

Tidak ada hal mustahil, jika kalian melakukannya dengan baik. Banyak peluang bisnis yang dapat kalian lakukan salah satunya yaitu budidaya. Menjalankan bisnis budidaya yang menjanjikan bukan hanya orang yang memiliki bakat dalam hal tersebut, kalian juga bisa melakukannya dan juga akan memberikan keuntungan di masa depan jika kalian melakukannya dengan tahap-tahap yang benar.

Memilih bisnis budidaya yang ingin dijalankan, membuat banyak orang yang bingung untuk menentukannya. Apalagi kalau sudah memilihnya, modalnya tidak cukup untuk bisnisnya hingga tidak memiliki bakat skill di bidang tersebut. Padahal banyak sekali jenis usaha yang mudah dan murah sekaligus serta sangat menjanjikan di masa depan dengan memanfaatkan sebuah tempat yang bisa dijadikan tempat budidaya apapun. Apalagi memiliki kawasan rumah yang menguntungkan.

Memilih bisnis budidaya yang sebagai pemasukan utama yang baik dan menjanjikan di masa depan 

Peluang di dunia bisnis budidaya sangatlah besar dan bahkan banyak juga bisnis yang tingkat harga permintaan pasarnya tinggi. Berikut bisnis budidaya yang bisa kalian pilih serta menjanjikan dan bisa dijadikan pemasukan utama.

1. Budidaya Ayam

Jumlah permintaan daging ayam di pasaran sangat tinggi di kota bahkan di desa sekalipun. Hal inilah yang membuat bisnis budidaya ayam sangat menjanjikan. Karena kebanyakan orang menggunakan bahan daging untuk memasak pastinya memilih daging ayam.

Meskipun jumlah peternak ayam sudah banyak, namun permintaan pasaran yang terus meningkat akan menguntungkan terus. Selain dimanfaatkan dagingnya, kalian juga bisa menjual telurnya yang bisa menambah keuntungan kalian. Jika lebih mendalami peternakan ayam, kalian akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari harga pasar.

2. Budidaya bebek

Jenis bisnis yang satu ini sangatlah menjanjikan. sama seperti ayam, dan kalian juga akan berpenghasilan double. selain beternak bebek, kalian juga bisa memanfaatkan telurnya yang bisa dijadikan sebagai telur asin atau bahkan di eram lagi. Harga daging bebek juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam sekitar Rp 42.000.

Jika kalian mengira bahwa sangat sedikit orang yang membutuhkan daging bebek ketimbang ayam. Namun saat kalian memasuki dunia bisnis, kalian akan langsung mengetahui bahwa bisnis daging bebek sangat menguntungkan.

3. Budidaya ikan hias

Bisnis yang satu ini sangatlah terkenal di Indonesia. Dalam bisnis yang satu ini sangatlah menjanjikan, karena banyak jumlah penggemar ikan hias di Indonesia, mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa juga menyukainya.

Ada banyak jenis ikan hias yang dapat kalian pilih untuk memulai bisnis budidaya kalian, mulai dari ikan louhan, cupang, guppy, arwana, Molly, koi, dan lainnya. Jadi usaha yang satu ini sangatlah menjanjikan bagi kalian, karena jumlah permintaan ikan hias yang banyak.

4. Budidaya belut

Bisnis yang satu ini juga sangat populer di Indonesia, karena kebanyakan belut dimanfaatkan untuk dimakan karena memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Untuk membudidayakan belut ini kalian harus memiliki kolam yang bagus juga.

Kolam yang baik seperti di sawah atau tembok, dan kalian juga bisa membuat kolam semi seperti drum, terpal, dan tong. Untuk kedalaman kolamnya bisa kalian buat 1 meter – 2,5 meter. Untuk lamanya pemeliharaan belut berkisaran 3-4 bulan dan untuk harganya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 85.000

5. Budidaya jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu hewan yang dapat menguntungkan dan bisa dimanfaatkan sebagai pakan burung, umpan cacing, bahkan bisa menjadi makanan sehat yang bernutrisi tinggi. 

Tingkat keuntungan bisnis jangkrik juga sangat menggoda sekali, bahkan di situs olx mendapat harga pasaran Rp 40.000 – Rp 90.000. harga tersebut tergantung lokasi dari pembelinya.

Harga telur jangkrik relatif lebih tinggi, karena biasanya telur jangkrik itu akan dijual ke peternak jangkrik. Bisnis ini cocok bagi kalian yang suka dengan binatang unggas.