Cara Mencintai Bumi Ala Anak Kost, Yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Semakin hari rasanya bumi semakin panas. Polusi udara dan sampah ada dimana-mana. Sudah banyak gerakan yang mengajak untuk mencintai dan melestarikan bumi, seperti gerakan membuang sampah ke dalam tong sampah besar namun kadang gerakan itu terlalu besar dan sulit untuk dilakukan.

Sebagai anak kos, kita juga bisa kok melakukan suatu hal sebagai upaya untuk ikut serta mencintai bumi. Melalui beberapa hal sederhana seperti di bawah ini :

1. Menggunakan air secukupnya sesuai dengan kebutuhan

Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan air secukupnya. Jangan sampai membuang-buang air hanya untuk hal yang tidak penting.

2. Mematikan lampu dan jangan biarkan ada aliran listrik yang menganggur di kamar kos

Kamu tentu harus mematikan lampu sebelum pergi dan sebelum tidur. Hindari juga kebiasaan masih mencolok casan hp padahal sudah tidak digunakan lagi.

3. Menggunakan transportasi umum atau nebeng teman kalau ingin pergi

Menghemat energi ala anak kos ialah dengan mengurangi pemakaian transportasi pribadi. Sebisa mungkin sebaiknya gunakanlah transportasi umum kalau ingin pergi. Atau kamu bisa nebeng kalau perginya bareng teman. Selain menghemat energi, hal inipun akan menghemat uang kan.

4. Mengurangi penggunaan plastik dan selalu bawa tempat minum serta tas belanja saat kemana-mana

Membawa botol minum sendiri dan tas belanja adalah langkah bijak yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemakaian plastik.

5. Memilah sampah sesuai jenisnya supaya lebih mudah didaur ulang

Saat kamu membeli sesuatu pasti akan ada sampah yang tersisa. Seringkali kita hanya sekedar membuang sampah saja dan lupa memilahnya. Ada baiknya, pilah terlebih dahulu sampah organik, anorganik, dan B3 sebelum dibuang. Dengan hal ini akan sangat membantu pemilahan sampah di tempat pembuangan akhir lho.

6. Melakukan kreasi dengan barang bekas

Biasanya anak kos itu selalu kreatif. Banyak barang yang tidak terpakai bisa disulap menjadi suatu benda yang lebih bermanfaat. Misalnya membuat dekorasi kamar.

Sebenarnya masih banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mencintai bumi. Yuk, sama-sama mulai menjaga bumi dari hal kecil dan sederhana.