8 Tips Sehat Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan utama bagi orang-orang di segala usia. Memang setiap orang menginginkan untuk memiliki tubuh yang sehat tanpa kegemukan, akan tetapi gaya hidup sangat sulit untuk mempertahankan tubuh yang sehat tersebut.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang jika diikuti secara teratur dapat mengurangi obesitas secara ampuh.

Mari kita cari tahu hal-hal apa saja yang dapat membantu kita mengurangi obesitas.

1. Pertama-tama kita harus menghitung BMI (Indeks Massa Tubuh) untuk mencari tahu berapa banyak lemak serta berat badan ideal pada usia kita. Setelah itu mulai lah membuat tujuan realistis jangka pendek yang jika diimplementasikan dapat membantu menurunkan beberapa kg massa tubuh kita dalam waktu satu bulan.

2. Kebiasaan diet perlu diubah perlahan tidak boleh secara ekstrim atau berlebihan. Makanan yang menyebabkan lemak berlebihan harus dihindari sedini mungkin.

Seseorang perlu menjaga tubuh terhidrasi cukup dengan air putih dan bukan dengan minum jus, soda atau teh.

Minum banyak air di siang hari akan terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Meminum segelas air hangat dengan campuran satu sendok madu dan lemon adalah pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

3. Kebanyakan orang saat berdiet biasanya melewatkan makan di siang hari, namun hal ini justru dapat menimbulkan efek buruk.

Hal ini dapat menyebabkan kita makan makanan cepat saji sebagai camilan, yang rentan terhadap obesitas. Sebagai gantinya, makan teratur dengan banyak sayuran, terutama kubis dan tomat sehat untuk menurunkan berat badan. Alih-alih memiliki makanan berminyak atau goreng, makanlah versi makanan yang sama namun tidak digoreng, cukup dengan dipanggang, direbus, atau dipanggang.

4. Kita perlu membakar kalori ekstra yang membantu meningkatkan lemak di tubuh. Jadi perlu diingat untuk mengurangi secara perlahan asupan kalori hingga 300 dan meningkatkan olahraga ringan yang bisa membakar hingga 200 kalori, seperti berlari, dan melompat. Hal ini dapat menyebabkan penurunan 1,5-2 kg berat badan per bulan.

5. Makan nasi, dan makanan yang berkalori tinggi tidak disarankan untuk orang-orang yang rentan terhadap obesitas, namun jika kita terbiasa makan nasi, kita dapat mengurangi porsinya hingga setengah piring, atau juga mengganti nasi dengan gandum.

6. Beberapa buah yang secara efektif dapat mengendalikan obesitas adalah nanas, pepaya dan apel. Cobalah makan buah-buahan ini bersama dengan makanan yang meliputi sayuran hijau.

7. Jahe juga dapat membantu mengurangi lemak, dan juga jahe sangat mudah untuk ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari. Jahe akan membantu mengurangi lemak dan menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

8. Hal terakhir dan paling penting yang perlu diperhatikan lainnya adalah memiliki kehidupan bebas stres dengan lebih banyak optimisme yang dapat membantu menjaga pikiran kita dalam damai dan membantu mengurangi berat badan.

Itu lah beberapa tips sehat yang dapat membantu menjaga berat badan tubuh kita tetap ideal. Jadi jangan hanya ingin berdiet namun tidak mengerti hal-hal pokok yang diperlukan tubuh, alih-alih kita berdiet, malah dapat membuat kita sakit karena kekurangan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Makan lah makanan sehat yang bebas dari kalori, dan kolesterol, dan juga selalu perhatikan gaya hidup kita.

Salam sehat!