6 Cara Memilih dan Membeli Toples Yang Benar Untuk Meletakkan Kue Pilihan

Hari raya lebaran waktunya hanya tinggal beberapa hari lagi. Sudah mempersiapkan kebutuhan yang ada??? Nah bagi nyonya – nyonya pasti akan terasa sibuk dalam mempersiapkan. Misalkan mencari dan memesan kue kering pada langganan terpercaya. 

Terkadang penjual kue kering online atau offline umumnya menggunakan toples yang biasa saja atau standar baik dari mika atau plastik. Sehingga tak sedikit yang memindahkan ke wadah yang lain agar tempatnya jauh lebih menarik. Namun jangan sampai juga ketika sudah di pindahkan malahan menjadi melempem sehingga akan membuat kecewa bagi yang memakannya.

Maka dari itu perlu sekali memilih toples yang tepat agar kue kering menjadi lebih awet dan tetap renyah, enak saat di gigit. Bagaimana caranya?? Simak pembahasannya di bawah ini yang beberapa artikelnya diambil dari laman website velavinkabakery.com.

1. Pilih Toples Kaca

Memilih toples dari bahan kaca adalah pilihan yang terbaik. Sebab lebih tebal dan juga lebih kedap udara bila di sandingkan dengan toples dari bahan plastik. Memang dari segi harga akan lebih mahal sih namun dapat dipakai berulang kali. Hanya saja kelemahannya adalah bila ada anak kecil di rumah maka harus berhati – hatilah. Karena bila tersenggol dan jatuh bisa pecah. Namun bila masih kekeh memakainya pilihlah kaca yang tebal.

2. Cek kondisi toplesnya

Perlu sekali untuk melihat secara detail kondisi dari toples tersebut. Harus di pastikan kondisi toples tersebut tidak ada retakan. Karena hal ini bisa membuat udara masuk dan menjadikan makanan cepat melempem. Juga cek pada bagian karet yang ada penutupnya. Apakah bisa menutup rapat atau tidak.  

3. Pilih transparan apa bermotif

Bingung untuk memilihnya?? Panduan mudahnya adalah toples transparan sebaiknya digunakan untuk meletakkan kue – kue kering. Karena akan membuat kue tersebut semakin terlihat dan membuat kita mudah mengetahui jenis kue apa yang ada di dalamnya. Untuk toples bermotif ini lebih baik digunakan untuk jenis makanan ringan seperti kacang, permen. Kedua jenis toples ini bisa diletakkan bersama – sama agar semakin lebih berwarna dan cantik tatanan makanan di atas meja tersebut.

4. Bersihkan dahulu

Setelah memilih dan membelinya, sebaiknya jangan cepat – cepat menggunakan untuk menyimpan kue kering yang ada. Meskipun terlihat bersih alangkah baiknya untuk dibersihkan terlebih dahulu. Cuci menggunakan sabun agar kuman yang ada mati dan keringkan sampai benar – benar kering. Bisa menggunakan kain lap halus agar tak meninggalkan noda di sekitar kaca yang ada.

Toples – toples yang masih baru ini biasanya ketika dibuka pertama kali akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bila tetap dipaksakan maka akan membuat kualitas kue sendiri menjadi turun.

5. Cek kelembaban suhu toples

Kelembaban suhu di dalam toples ini sangat mempengaruhi akan daya tahan dari kue sendiri. Karena itu harus terus dijaga. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan meletakkan silica gel di dalam toplesnya. Sering bukan melihat ini ada di beberapa toples makanan??? 

6. Simpan Di tempat Terbaik

Tempat penyimpanan juga memberikan andil berarti. Ini pun akan menjaga kualitas toples sendiri. Maka dari itu jauhkan toples dari paparan sinar matahari secara langsung. Untuk yang terbaik adalah pada suhu ruang. Selain menjaga si toples sendiri juga akan menjaga isian makanan yang ada di dalamnya agar tidak lembab.