5 Tips Beli Produk Elektronik di Shopee Terjamin Aman dan Original Sesuai Kebutuhan

Anda dapat menentukan berbagai marketplace untuk membeli produk elektronik sesuai kebutuhan. Tetapi, apakah produk yang dijual berkualitas dan terjamin original? Hal ini sering membuat orang merasa ragu untuk membeli produk di toko online karena takut tertipu.

Padahal, kebanyakan toko offline yang ada di daerah kebanyakan juga membeli produk di marketplace, terutama produk elektronik di Shopee. Tentunya, para pemilik toko offline maupun Anda yang ingin membeli produk di toko online. Maka sangat penting memperhatikan beberapa tips beli produk elektronik sesuai kebutuhan.

Cara Membeli Produk Elektronik di Shopee

Membeli barang elektronik via online memang sangat riskan tertipu. Namun, perlu diketahui bahwa semakin canggihnya teknologi dan sistem keamanan yang bagus. Keberadaan marketplace yang melindungi pihak pembeli dan penjual semakin banyak. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan penipuan. Tentunya, pembelian barang di marketplace seperti Shopee lebih aman dibandingkan beli produk di Instagram.

1. Tentukan Barang yang Akan Dibeli

Pastikan Anda sudah menyiapkan dana dan pilihan produk elektronik dengan merek tertentu yang ingin dibeli. Hal ini penting agar waktu Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu, Anda akan menghabiskan banyak waktu saat mencoba membandingkan antara barang di toko satu dengan toko yang lain.

Padahal produknya sama. Selain itu, perhatikan jangkauan pembelian barangnya. Sebenarnya, lebih baik memilih rentang jarak di daerah yang sama atau seprovinsi. Hal ini dikarenakan harga ongkir lebih murah dibandingkan beda provinsi. Namun, itu semua kembali kepada Anda selaku pihak pembeli.

 

2. Buka Aplikasi Shopee dan Mencari Harga Produk yang Paling Sesuai

Anda dapat membuka aplikasi Shopee di smartphone dengan mendownloadnya terlebih dahulu via google play. Selain itu, jangan lupa registrasi dan melakukan pendataan lengkap seperti alamat, nomor Handphone yang bisa dihubungi dan keterangan lainnya. Hal tersebut memudahkan Anda untuk melakukan pembelian barang. Selain aplikasi, Anda dapat membukanya via website di laptop atau PC.

Namun, saat checkout akan diarahkan menuju aplikasi. Selanjutnya, Anda dapat mencari produk dengan mencarinya melalui menu search/cari. Maka dari situ, muncullah banyak pilihan produk yang Anda inginkan sesuai keyword yang dimasukkan. Saat melakukan pencarian produk perhatikan detail deskripsi dan harga produk yang paling sesuai. Hal ini membantu Anda menentukan pilihan toko terbaik.

 

3. Pilih Toko dengan Label Star Seller

Anda dapat memulai menentukan barang dengan melihat rating toko atau label star seller. Biasanya, toko dengan rating bagus di atas 4,5 memiliki jumlah pesanan banyak. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan selera pembeli. Tentunya, sesuai dengan deskripsi produk yang sudah diulas oleh penjual.

Apabila Anda kurang puas dan menginginkan produk terjamin original, maka pilihan produk di toko Shopee mall sangat direkomendasikan. Selain itu, harganya cenderung lebih terjangkau dibandingkan toko yang bukan asli produksi merek tersebut.

 

4. Perhatikan Ulasan, Produk yang Diterima Konsumen dan Tanggal Pembelian Terakhir

Saat membeli produk perhatikan tingkat keamanan yang ditawarkan oleh penjual. Perlu Anda ketahui bahwa barang elektronik sangat mudah rusak. Maka dari itu, pihak penjual seharusnya bertanggung jawab atas keamanan produk.

Biasanya, keamanan yang diberikan berupa kardus, bubble wrap atau packing kayu. Hal tersebut bergantung pada jenis produk yang Anda beli.

Selain itu, Anda dapat menentukan pilihan toko melalui ulasan produk, foto maupun video dari pihak pembeli dan pembelian terakhir. Informasi tersebut sangat menentukan keputusan Anda untuk membeli produk di toko tersebut atau tidak.

 

5. Tanyakan Stok Terlebih Dahulu

Pastikan sebelum membeli tanya stok dan pastikan ongkir tidak terlalu mahal. Anda dapat melakukan chat langsung pada pihak penjual untuk menanyakan ketersediaan produk. Terkadang, barang yang terpampang pada foto belum tentu masih ada atau sudah habis.

Selain itu, pihak penjual tidak mau melakukan update. Jadi apabila menginginkan produk sesegera mungkin, maka lebih baik tanyakan ketersediaan barang. Tentunya agar Anda tidak lama-lama menunggu produk dan ternyata barang habis.

Setelah barang tersedia, selanjutnya, lakukan checkout dan memilih pembayaran sesuai keadaan Anda. pemilihan transfer uang dapat dilakukan melalui ShopeePay maupun transfer via bank secara otomatis atau manual. itulah beberapa tips beli produk elektronik di Shopee dengan Barang aman dan original sesuai kebutuhan.